Senin, 16 Mei 2011

Keluarga Lingkungan Terbaik Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Oleh : dr. Cellica Nurrachadiana
Kehadiran korban narkoba dalam keluarga sering menjadi masalah dalam keluarga itu sendiri bahkan dapat menimbulkan penderitaan . Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar penyalahguna narkoba dari keluarga yang tidak sehat dan tidak bahagia. Sebaliknya , suatu keluarga yang sejahtera diliputi suasana yang serasi, selaras dan seimbang, dimana anak – anak didik dapat tumbuh dan berkembang  fisik, mental dan sosialnya secara optimal, merupakan  benteng yang kokoh untuk mengatasi  dan menanggulangi ancaman dan gangguan, termasuk penanggulangan masalah narkoba.
Pengalaman membuktikan bahwa kelompok orang tua, apabila digerakan dan diberikan pengetahuan, keterampilan, dukungan dan bantuan, bisa menjadi mitra masyarakat yang paling aktif dalam pencegahan bahaya narkoba.


Mulailah Dari Keluarga
Keluarga sebagai unit kecil dalam masyarakat merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadiana yang dewasa. Keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak – anak dari masalah narkoba.


Pencegahan penyalahgunaan narkoba seharusnya dimulai dalam keluarga. Keluarga yang sejahtera dengan penuh kasih saying sebetulnya sudah melaksanakan pencegahan. Anak – anak yang tumbuh dengan kasih sayang dan rasa aman dengan adanya kesempatan untuk menyatakan perasaan dan mengeluarkan pendapat serta dididik untuk mengambil keputusan yang bijaksana, kemungkinan besar tidak akan menyalahgunakan narkoba.

Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Dalam Keluarga Adalah……..
-          Pendidikan agama dan akhlaq
-          Kasih sayang, rasa aman, bimbingan dan perhatian
-          Selalu ada ketika anda dibutuhkan
-          Mengetahui kebutuhan anak – anak anda
-          Memberikan kebebasan dalam batas kemampuan anaknya dengan pengawasan secara bijaksana
-          Dorongan semangat untuk mencapai prestasi
-          Pengawasan secara aktif dan bijaksana

Peran Orang Tua Dalam Pencegahan
-          Mengasuh anak dengan baik
-          Luangkanlah waktu untuk berkomunikasi dengan anak – anak
-          Jadilah contoh teladan ( role model ) yang baik. Perlu menyadari bahwa kebiasaan dalam keluarga besar pengaruhnya pada anak – anak
-          Jadilah pendidik pencegahan penyalahgunaan narkoba
-          Jadilah pengawas untuk menghindarkan anak dari bahaya narkoba
-          Orang tua sejak awal harus mengajarkan anak – anak bagaimana cara menolak narkoba
-          Orang tua sebagai mitra masyarakat dan pemerintah dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

INGAT BAHWA………….
ANAK YANG SERING DI KRITIK AKAN BELAJAR MENYALAHKAN ORANG LAIN, BILA SERING DIMUSUHI AKAN BELAJAR MELAWAN, BILA SERING DIEJEK AKAN MENJADI PEMALU, BILA SERING DIPERMALUKAN AKAN TUMBUH RASA BERSALAH.
BERSIKAPLAH PENUH TOLERANSI UNTUK MENGAJAR KESABARAN, DENGAN DORONGAN AKAN TUMBUH PERCAYA DIRI, DENGAN KEADILAN MEREKA AKAN JADI BIJAKSANA, DENGAN MEMBERI RASA AMAN AKAN MEMBERI KEYAKINA
LAKUKANLAH SEMUA ITU DENGAN PENUH RASA CINTA…………..!
SAY NO TO DRUG’S …………………….. !

SUMBER : BNN RI

0 komentar:

Posting Komentar