Senin, 18 Juni 2012

PENYEBARAN HIV/ AIDS SUDAH PADA TATANAN POPULASI UMUM


SOSIALISASI HIV/ AIDS PADA KOMUNITAS KATOLIK
Dr. Cellica Nurrachadiana ( Ketua Komisi Penanggulangan AIDS )

Berbicara kasus HIV/ AIDS tidak bedanya berbicara tentang penomena gunung es, jadi kasus yang tampak saat ini hanyalah yang terlihat dipermukaannya saja sedangkan kasus yang mungkin sebenarnya terjadi beberapa kali lipat dari jumlah kasus yang ada saat ini. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang serta Komisi Penanggulangan AIDS ( KPA ) Kabupaten Karawang, terlaporkan sebanyak 283 kasus HIV/AIDS dengan rincian 25,4% HIV dan 74,6% AIDS. Tentunya data tersebut hanyalah cerminan dari sekian kasus – kasus yang belum terlaporkan yang merupakan tugas bersama antara KPA, Dinas terkait beserta komponen masyarakat lainnya.

Dampak yang diakibatkan dari epidemi HIV/ AIDS pada pembangunan tentunya sangat komplek diantaranya: angka kemiskinan meningkat, pendapatan keluarga menurun dan dampak – dampak yang lain yang tentunya memerlukan perhatian yang serius terutama oleh pemerintah. Komisi Penanggulangan AIDS ( KPA ) Kabupaten Karawang yang dibentuk sejak Tahun 1995 mempunyai komitmen yang kuat dalam upaya menurunkan angka HIV/ AIDS khususnya di Kabupaten Karawang, upaya – upaya tersebut tertuang dalam program kerja yang cukup komprehensif yang terpokus pada dua sasaran besar yaitu : Populasi umum ( masyarakat yang belum terkontaminasi ) serta Populasi kunci     ( penasun, prilaku sek beresiko ). Program – program yang komprehensif antara lain :
1.      Pencegahan
2.      Pengobatan, Dukungan dan Perawatan
3.      Mitigasi dan Kebijakan, Advokasi dan Riset

Salah satu program pencegahan dari Komisi Penanggulangan AIDS adalah memberikan sosialisasi kepada tokoh – tokoh agama ( Islam, Kristen, Hindu serta Budha ) yang harapannya dari tokoh – tokoh tersebut disebarluaskan kembali kepada masyarakat yang lebih luas. Bertepatan pada tangal 10 Juni 2012 KPA melalui dr. Cellica Nurrachadiana           ( Ketua KPA ) memberikan sosialisasi kepada para tokoh serta komunitas remaja katolik Kabupaten Karawang yang bertempat di Kota Bukit Indah Cikampek, dalam kesempatan itu dr. Cellica Nurrachadiana meminta agar semua komponen terlibat secara aktip dalam upaya menyebarluaskan informasi mengenai HIV/ AIDS hal ini dikarenakan penyebaran virus HIV/ AIDS sudah pada tatanan ibu – ibu rumah tangga, yakinlah jika permasalahan ini ditanggulangi bersama – sama penyebaran HIV/ AIDS dapat di tekan.

0 komentar:

Posting Komentar