Senin, 24 Maret 2014

PENANGGULANGAN NARKOBA DI MULAI DARI KELUARGA


Narkoba atau juga di sebut Napza adalah Narkotika, Psikoropika dan Obat – Obatan/ Bahan lainnya yang Berbahaya. Secara harfiah sering disebut “ Semua zat yang apabila di konsumsi dapat mempengaruhi cara kerja fikiran, perasaan dan kehendak manusia “.
Situasi Indonesia saat ini seperti yang di gambarkan BNN RI, bahwa penyalahguna narkoba berada di kisaran angka 2,1 % dari total penduduk Indonesia yang sebagian besar korbannya remaja usia produktif dengan angka kematian dirata – rata 15.000 jiwa per tahunnya.
Karawang yang berada di jalur perlintasan strategis antara Bandung dan Jakarta tentunya secara langsung merasakan pengaruhnya, hal ini terbukti dari data yang sering di rilis oleh Satuan Narkoba Polres Karawang menunjukan besaran kasus tindak pidana narkoba yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Lalu menyikapi permasalahn ini siapa yang harus berperan ? Tentunya semua unsur harus dan wajib berperan dalam rangka menyelamatkan generasi bangsa dari pemerintah baik pusat maupun daerah, unsur swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan terutama adalah keluarga yang merupakan unit terkecil dan paling sering bersentuhan langsung dengan anggota keluarganya. Keluarga merupakan unit strategis dalam upaya pembentukan karakter anggotanya terutama anak – anak dan remaja yang mempunya kerentanan sangat tinggi akan pengaruh – pengaruh buruk dari berbagai lingkungan lainnya, jadi tatkala lingkungan keluarga sudh sangat rapuh maka akan rapuh pula lah tingkat pertahanan anggotanya terutama anak – anak dari pengaruh buruk lingkungan lain salah satunya narkoba tapi jika lingkungan keluarga kokoh dan baik niscaya akan kokoh dan baik pula ketahanan anggota kelurganya terutama anak – anqak dari pengaruh buruk lingkungan lainnya salah satunya peredaran gelap serta penyalahgunaan narkoba, walaupun tidak bisa ditampikkan pula dari lingkungan keluarg yang baik dan kokoh masih juga terpengaruh dampak buruk dari lingkungan lainnya tentunya tidak seburuk yang pertama itu. 
Berangkat dari itu senantiasa kita sama – sama memperkokoh pertahanan keluarga dari setiap ancaman terutama dampak buruk peredaran gelap serta penyalahgunaan narkoba.

0 komentar:

Posting Komentar