Kamis, 18 Desember 2014

MENINJAU PELAKSANAAN LOMBA CIPTA DESA AMAN KLARI MAJALAYA RAWAMERTA DAN TEMPURAN


Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan masing masing, Polres Karawang memiliki program dinamakan Lomba Cipta Desa Aman, ini pertama dilakukan di tahun 2014, di prakarsai oleh Kapolres Karawang AKBP Daddy, tahap awal seluruh desa ikuti lomba cipta desa aman Tk Kecamatan, pemenang lomba dilanjut kepada Tk Kabupaten. Pada kesempatan kali ini setelah pada tengah pekan ini meninjau desa untuk Kecamatan Klari dan Kecamatan Majalaya pada (15/12) dilanjut kecamatan Rawamerta dan Tempuran (16/12), pada kesempatan kali ini Kapolres Karawang beserta Muspida seperti Dandim 0604 turut Hadir Wakil Bupati peninjauan ini dilakukan bersama muspida dan dengan begitu suasana akrab tercipta. selain dari aspek keamanan desa Kapolres Karawang mengajak serta Wakil Bupati karena selain ini juga bisa untuk silahturahim kepada masyarakat dan semua aspirasi keinginan masyarakat kepada kepala daerahnya bisa tersampaikan, tidak jarang semisal ada infrastruktur rusak Wakil Bupati pun langsung memerintahkan Dinas terkait Bina Marga dan Pengairan untuk menghandle dan memperbaikinya, banyak juga yang lain misal aspek Kesehatan, Kegiatan Sosial, itu semua di tinjau langsung oleh Wakil Bupati dr Cellica. bisa diartikan sinergitas kinerja antar muspida pun terjalin.
"Lomba Cipta Desa Aman yang berlangsung selama dua bulan ini digelar bukan karena kondisi desa-desa tidak aman," kata Kapolres Kabupaten Karawang AKBP Daddy Hartadi, usai peresmian Lomba Cipta Desa Aman,
Diantara alasan digelarnya Lomba Cipta Desa Aman adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungannya. 

Menurut dia, menjaga keamanan lingkungan pada dasarnya bukan hanya tugas polisi. Jika keamanan hanya menjadi tugas polisi, itu akan sulit karena personel Polres Karawang hingga kini terbatas. maka saya menghimbau agar masyarakat itu harus kompak menjaga untuk menciptakan keamanan di daerahnya atau di desa nya masing masing.

Kapolres juga mengingatkan agar para pemerintah desa yang tersebar di Karawang bisa membangun pos ronda atau pos Siskamling di daerahnya masing-masing. 
"Kegiatan Ronda itu diperlukan untuk menjaga keamanan lingkungan, karena kegiatan itu merupakan bagian dari upaya deteksi dini terhadap tindak kejahatan dan gangguan keamanan," katanya.
Sementara itu Wakil Bupati berpendapat “Lomba Cipta Desa aman ini saya sangat mendukung pelaksanaannya, karena ini adalah kegiatan sangat positif untuk bisa meningkatkan kebersamaan kekompakan masyarakat, dengan kita ronda maka akan tercipta desa yang aman. Karena keamanan adalah adalah tanggungjawab bersama Polisi ialah sebagai leading sector, karena dalam eksisting nya sendiri Polsek setingkat kecamatan hanya 20-30 personil, sedangkan warga ribuan skala sendiri 1 : 1000 namun idealnya sebernernya hanya 1:200, maka dari itu dituntut untuk partisipasi masyarakat setempat menjaga lingkungannya masing masing. Kemudian mengenai sarana poskamling ini amat sangat perlu dimanfaatkan, aktifkan terus poskamling maka desa yang aman pun dengan sendirinya tercipta. saya himbau kita perlu bahu membahu untuk kepentingan masyarakat bersama, menurut data dari polisi setelah beberapa lokasi kami tinjau sudah berdiri ratusan poskamling maka manfaat dari lomba ini sangat terlihat dan ke solid an masyarakat pun terbentuk.

0 komentar:

Posting Komentar