Rabu, 24 Juni 2015

MENTERI PAN DAN RB MELAKUKAN SAFARI RAMADHAN UNTUK MEMANTAU PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN KARAWANG


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Prof Dr. H. Yuddy Chrisnandi, ME.  melakukan Safari Ramadhan di Kabupaten Karawang, senin (22/6) yang diterima oleh Plt Bupati dr Cellica bersama unsure Muspida dan para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang dihalaman Knator BPMPT. Usai diterima Plt Bupati, Menteri angsung melakukan peninjauan ke kantor BPMPT, dilanjutkan ke BPN, Samsat, Polres,Kantor imigrasi, Kawasan Industri KIIC,RSUD. Di lakukan hingga siang hari hingga malam selesai tarawih Keliling di Masjid Perum Peruri Kec Telukjambe Timur yang merupakan titik akhir.

Tujuan Utama kunjungan ini untuk memastikan pelayanan Publik berjalan dengan baik, saat kehadiran lembaga public ditengah-tengah masyarakat sangat penting dan menjadi kunci sukses pelayanan publik, untuk itu lembaga pemerintahan, baik yang ada di pusat maupun di daerah diharapkan senantiasa bersinergis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Saat beraudensi di tempat yang dikunjungi, Menteri menekankan pentingnya pelayanan public yang optimal, prosedural dan tidak ada pungutan liar (pungli) mengingat pelayanan public merupakan bagian dari proses tata kelola pemerintahan. Semakin baik respon masyarakat terhadap pelayanan aparatur menunjukan tata kelola pemerintahan di instansi tersebut semakin baik. “Rakyat puas dan tidak ada keluhan,  berarti pelayanan public sudah baik”, tegas mentri.

Menurut Menteri, apabila pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan sudah baik maka pembangunan akan berjalan dengan lancar, oleh karena itu diperlukan I’tikad atau kemauan yang baik dari birokrasi untuk terus memperbaiki SDM dan metode dalam merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan public, mengingat salah satu program Presiden RI Jokowi saat ini adalah memperbaiki system dalam pelayanan public dan tata kelola pemerintahan.

Menanggapi pertanyaan dan keluhan dari para pengusaha yang ada di kawasan KIIC, Menteri mengakui hingga saat ini, interaksi dan komunikasi  antar instnasi banyak yang belum sinkron misalnya dalam penganan banjir dan kemacetan lalu lintas. Untuk itu diperlukan sinergitas antar  instansi dalam proses pembangunan mulai dari perencanaan hingga pelaksaannya agar efektif, efisien dan hasilnya benar-benar dapat dirasakan oleh rakyat.
Pada kesempatan Audiensi di titik Kawasan Indutri KIIC, Plt Bupati menuturkan, saat ini Muspida di Kabupaten Karawang berjalan kompak, terimakasih atas segala masukan dari Menpan RB Republik Indonesia, dengan adanya Kunker ini menjadi bahan masukan baik bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar pelayanan public ke depan bisa diperbaiki dan ditingkatkan.


0 komentar:

Posting Komentar