Kamis, 18 Juni 2015

OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK ( PATEN ) DI KECAMATAN KARAWANG BARAT


Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Karawang menyelenggarakan kegiatan Optimalisasi Pelayanan Publik Terpadu Keliling di tiap tiap kecamatan se-Kabupaten Karawang. pada, Senin (15/6) bertempat di Kecamatan Karawang Barat. Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana turut meninjau langsung penyelenggaraan pelayanan publik yang di kantor Kecamatan.

Kegiatan Optimalisasi Pelayanan Publik Terpadu Keliling sendiri merupakan implementasi dari Surat Mendagri Nomor 503/506/SJ Tanggal 28 Januari 2015 Perihal Optimalisasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Daerah, yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan publik yang mudah bagi masyarakat hingga ke tingkat kecamatan. Pelayanan Publik Terpadu sendiri telah diagendakan Pemkab Karawang untuk digelar secara rutin dimulai dari Bulan April awal, da saat ini Kecamatan Karawang BArat Kecamatan ke 29, besok pada Selasa (16/6) Kecamatan terakhir yakni di Kecamatan Banyusari

Menurut Plt. Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana kegiatan ini adalah sebuah upaya Pemerintah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus mendekatkan berbagai layanan publik kepada masyarakat di tingkat kecamatan. Dengan demikian, masyarakat di pelosok kecamatan tidak perlu lagi datang ke kota untuk mengurus berbagai administrasi yang diperlukan. “mungkin untuk di Kecamatan Karawang begini tidak terlalu jauh ke Polres ke Dukcatpil misalnya namun bila di pelosok sangat terasa, Mudah mudahan hal ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Di lokasi tersebut, warga masyarakat terlihat membludak untuk memanfaatkan berbagai jasa pelayanan yang ada. Salah satunya adalah layanan kependudukan yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dalam layanan ini, masyarakat dapat membuat dan memperpanjang berbagai administrasi kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran dalam tempo singkat dan mudah.

Pelayanan lain diberikan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Karawang, yang menyediakan stand khusus guna menyelenggarakan berbagai layanan perijinan yang cepat dan mudah. Sementara dari pihak BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan turut menyediakan layanan pendaftaran BPJS bagi masyarakat. Tak ketinggalan dari Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, yang turut menyediakan mobil dan ruangan khusus untuk Pelayanan KB bagi masyarakat.

Di lokasi yang sama, Polres Karawang turut menyediakan mobil layanan SIM Keliling yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin memperpanjang SIM. Sedangkan bagi yang ingin memperpanjang STNK kendaraan, turut disediakan pula mobil layanan Samsat Keliling. Mobil layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) milik Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) turut terlihat di lokasi yang sama.

Guna mempermudah sekaligus menciptakan transaksi yang transparan, Bank BJB Cabang Karawang turut menyediakan mobil layanan perbankan untuk memudahkan  pembayaran SIM, STNK, dan juga PBB. Selain itu, upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang tengah memanfaatkan berbagai layanan yang ada, pihak Pemerintah Daerah pun turut menyediakan berbagai hiburan seni tradisional yang diharapkan dapat mengusir rasa bosan dalam antrian.

Di sisi lain, momentum kegiatan optimalisasi pelayanan public terpadu kecamatan yang dibanjiri masyarakat tersebut turut dimanfaatkan oleh jajaran Kantor Imigrasi Karawang, untuk melakukan sosialisasi berbagai masalah keimigrasian, seperti paspor. Sosialisasi ini sendiri dirasakan cukup penting, mengingat banyak masyarakat Kabupaten Karawang yang sedang dan akan bekerja diluar negeri, sehingga membutuhkan penjelasan mengenai berbagai layanan dokumen keimigrasian.

Sementara itu Data Rekapitulasi hasil Paten sebagai berikut antara lain Verifikasi KTP 120 Orang, Verifikasi KK 271 Orang, Pembuatan Akte Kelahiran 258 Orang, Pemeriksaaan Kesehatan 72 Orang, Pelayanan KB IUD 15 Orang MOW 2 Orang Implant 8 Orang Perizinan SIUP 10, TDP 10, Pelayanan Perpanjang SIM A 10 Orang SIM C 35 Orang BPJS Kesehatan 38 Orang Pembayaran PBB Online pada Bank BJB 563 Wajib Pajak, Pelayanan Kesehatan Hewan 4 Ekor

1 komentar: