Kamis, 18 Juni 2015

SOSIALISASI INVENTARISASI KOLEKSI MUSEUM SUNDA TARUMANEGARA


Berawal dari keinginan Masyarakat Kabupaten Karawang khususnya budayawan seniman untuk rasa ingin memiliki Museum, guna mewujudkan itu semua Disbudpar melakukan Sosialisasi Inventarisasi Koleksi Museum Sunda Tarumanegara pada Selasa (16/6), prosesi untuk langkah Pemkab Karawang melalui Disbudpar membuat Museum, Museum tersebut sudah ada berlokasi di Lingkungan kantor Disbudpar Kab Karawang Jl Alun Alun Selatan. prosesi Inventarisasi ini untuk menampung berbagai koleksi peninggalan sejarah keseluruhannya di tampilkan di Museum tersebut. Gelaran Sosialisasi ini bertempat di Rm Dewi Air di Interchange Karawang Barat. Plt Bupati Karawang secara resmi membuka gelaran Sosialisasi tersebut.
Dalam sambutannya Plt Bupati dr Cellica Nurrachadiana mengatakan bila kita berbicara Karawang, Karawang memiliki berbagai potensi baik itu pertanian perindustrian perikanan bahkan cagar budaya pun memiliki, banyak hal yang miliki Kabupaten Karawang bahkan mungkin belum tentu semua orang tahu, termasuk hasil inventarisasi ini asli Orang Karawang pun belum tentu mengetahui, dari masa sebelum masehi misalnya ada daerah namanya Sanggabuana Kutatandingan ini tidak semua orang mengetahui ada juga cagarbudaya Candi Jiwa di ujung Utara Karawang, maka dengan adanya potensi potensi ini maka sudah selayaknya anak anak sejak dini mengetahui potensi termasuk Kebudayaan Sejarah, karena itu hal penting yang harus diketahui, maka pada kesempatan ini juga saya ucapkan Selamat Datang kepada Prof Anna Lubis Guru Besar Unpad ahli sejarah Ahli Budaya, maka pada saat ini beliau didaulat sebagai narasumber, dan pada saat ini beliau akan menyampaikan hasil inventarisasi kepada guru guru sejarah SMP SMA, juru Pelihara agar lebih mengetahui, Ir Soekarno juga Presiden Pertama mengatakan Jas Merah jangan lupakan Sejarah, maka pada moment ini juga diharapkan anak anak didik melalui guru guru Sejarah saat anak anak dewasa nanti tidak melupakan sejarah, Karawang merupakan bagian dari sejarah Kemerdekaan RI. maka segala sesuatu kami dari Pemkab pun akan menyerahkan kepada ahli nya ahli sejarah ahli budayawan maka pesan apapaun akan sampai pada peserta sosialisasi ini,orang yang ahli ini juga harus paham akan nilai sejarah budaya, termasuk dengan adanya Museum di Kabupaten Karawang didalamnya ada sejarah Karawang Bupati dari masa ke masa dan lainnya termasuk Karawang kota Pangkal Perjuangan,kepada peserta sosialisasi manfaatkan dengan sebaik baiknya acara ini ikuti dari awal hingga akhir agar terserap ilmu dari para narasumber.
Plt.BUPATI KARAWANG RESMIKAN GEDUNG KANTOR DESA GEMPOL
KECAMATAN BANYUSARI
Peresmian Gedung Kantor Desa Ini Sebagai upaya agar  dapat menumbuhkan suasana baru yang dapat mendorong gairah dan semangat kerja yang produktif disertai pengabdian yang berpihak kepada rakyat, karena betapapun megahnya Kantor Desa, tentunya tidak berarti apa-apa, apabila insan-insan didalamnya tidak memiliki disiplin dan mentalitas yang tinggi, baik dalam menjalankan roda pemerintahan Desa, peningkatan pembangunan Desa dan pembinaan masyarakat bila dana APBD memungkinkan floating anggaran untuk dana Kesejahteraan aparat Desa akan senantiasa terus ditingkatkan. Demikian dikatakan Plt.Bupati Karawang dr.Cellica Nurachadiana sambutannya pada acara peresmian Gedung Kantor Desa Gempol  Kec. Banyusari, di HalamanGedung kantor Desa Gempol, Selasa (16/6).
Selanjutnya Plt. Bupati  menyampaikan bahwa setelah pelaksanaan proses pembangunan selama beberapa waktu yang lalu, Alhamdulillah gedung kantor DesaGempol kecamatan Banyusari  ini telah selesai dan siap untuk digunakan. dan Alhamdulillah pula pada kesempatan ini, diresmikan juga penggunaannya. Plt.Bupati menyampaikan bahwa Aparatur pemerintahan Desa merupakan ujung tombak dan garda terdepan dari pemerintah daerah dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. hal ini karena baik buruknya kinerja pemerintahan Desa tentu akan sangat berpengaruh terhadap baik atau buruknya kinerja pemerintahan pada level diatasnya, mulai dari di tingkat kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan pusat, kami Pemkab juga apresiasi Kepala Desa yang ada di Kecamtan Banyusari seluruhnya kompak tingkat gotongroyong di Kecamatan Banyusari ini masih tinggi ini nilai plus.
Oleh karena itu, Plt.Bupati mengingatkan kepada Kepala Desa beserta jajarannya untuk mampu menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Karawang, dengan memelihara gedung ini sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. karena membangun gedung baru lebih mudah bila dibandingkan dengan merawat dan memelihara gedung sehingga bisa terus dalam keadaan baik dan bila dilihat dari keadaan fisik bantuan kami flat 400 juta tiap kantor desa namun ini lebih bagus terlihat jadi pasti ada dana lebih yang digunakan ini adalah inisiati yang bagus dari kades” tuturnya.
Pada kesempatan tersebut turut hadir, Kepala OPD terkait dan beberapa pejabat di lingkungan pemkab Karawang, Camat Banyusari serta seluruh Kades Se-Kec Banyusari jajaran Muspika setempat.

0 komentar:

Posting Komentar