Sabtu, 08 Agustus 2015

GEBYAR BUDAYA TAHUN 2015


Upaya Pelestarian Budaya di Kabupaten Karawang sudah diawali dengan di adakan tempat para budayawan seniman yakni Kampung Budaya ini, tempat ini bisa menggali potensi , melakukan berbagai inovasi agar warisan leluhur dapat terus bisa bertahan dan dipelihara dalam tradisi masyarakat, kedepan Pemkab Karawang ingin juga adakan seperti Jember Festival Puluhan Ribu Seniman Budayawan akan di kumpulkan dan semakin mengeksiskan Goyang Karawang ada arti sebenarnya, demikian dikatakan Plt Bupati pada kesempatan pembukaan Gebyar Budaya Tahun 2015 di Kampung Budaya pada Sabtu ( 1/8).

Selanjutnya Plt Bupati Karawang mengatakan program ini akan dijadikan rutin tiap Tahun, tahun ini tahun pertama dilaksanakan dan akan mengambil moment pada HUT Kemerdekaan RI karena seluruh acara yang ada pada di Gebyar Budaya ini akan pada Bulan Agustus dilaksanakan ada kaulinan Budak Lembur Festival Seni Lukis  Sandiwara Sunda, Seni Tari dan banyak lagi, Karawang sangat banyak kearifan budaya lokalnya, dan ini diharapkan menjadi pemersatu dalam kebhinekaan masyarakat.

Lebih lanjut dalam arahanya Plt Bupati juga menekankan pengembangan Seni dan Budaya tidak hanya tanggung jawab Pemkab yakni merupakan tanggung jawab elemen masyarakat  terutama bagi para seniman yang bergerak di bidang apapun apakah dalam bentuk asosiasi paguyuban dan tentunya melalui langkah langkah konseptual jelas dan terarah.

Dalam Laporannya Ketua Dewan Kesenian Karawang ( DKK ) Yati megucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab Karawang atas segala dukungannya dan tempat ini juga sangat refresentatif untuk diadakan kegiatan kesenian dan kebudayaan kami DKK selalu bersinergi dengan Disbudpar dalam melaksanakan program kegiatan, tanpa ada dukungan saya yakin acara ini sulit terlaksana, kegiatan ini di ikuti 15 orang siswa dan ada pula guru seni dan budaya se-Kab Karawang, beragam acara seni Lukis , Sandiwara Sunda, Seni Lukis, Kaulinan Budak Lembur dan lain sebagainya. didatangkan juga bintang tamu seniman kita Ki Daus. 

gelaran opening ini juga di hadiri Ka OPD dan Camat-Se Kab Karawang juga unsur Seniman dan Budayawan baik dari lokal Karawang dan dari luar kota. tanda dibuka nya kegiatan ini dengan memukul Gong dan simbolis penyerahan plakat bentuk Golok yang terdpat pada Logo Kabupaten Karawang.

0 komentar:

Posting Komentar