Kamis, 10 Desember 2015

PERINGATAN RAWA GEDE



Plt Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana hadiri Peringatan peristiwa Rawagede di Monumen Rawagede Desa Balongsari Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang pada Selasa (1/12).   Plt Bupati memberikan secara simbolis bantuan dari yayasan pengelola untuk para Janda Peninggalan Pahlawan Korban Tragedi Rawagede. serta bantuan tahap awal untuk pengecatan pagar gapura Monumen Rawagede ini sebesar 5 Juta Rupiah.

Dalam Sambutan singkatnya Plt Bupati menghimbau agar berbagai pihak termasuk yayasan agar dalam memperingati ini tidak dijadikan untuk hal yang membuat kepentingan pribadi, yang diharuskan ialah untuk kepentingan orang banyak. Karena para pejuang yang dimakamkan disini ialah tujuannya berjuang untuk merdeka, setelah merdeka tinggal bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini dengan positif, mengenai perhatian Pemerintah Kabupaten Karawang sudah pada memuluskan mencor jalan kedepan akan di rencanakan perlebaran jalan, memugar pagar agar lebih terlihat sebagai tempat wisata sejarah yang menarik minat para wisatawan sejarah menjadi ingin lebih tahu dan mengetahui secara detil sejarah dari proses rawagede. pada kesempatan ini kepala Bappeda Eka Sanatha mengikuti kegiatan ini dan akan merencanakan pada APBD Murni 2016 atau Perubahan 2016. 
selanjutnya Plt Bupati juga memerintahkan kepada Kepala Dinas Sosial agar peringatan tragedi ini untuk di anggarkan pada APBD agar ahli waris merasa dihargai terkenang, kemudian dengan hadirnya saya disini sebagai bentuk kepedulian walaupun ada agenda bersama hari Aids di Kecamatan Cilamaya saat ini acara itu diwakili Sekda, kemudian Plt Bupati atau saya sendiri hadir pada acara mengenang peristiwa Rawagede ini. sebagai anak bangsa kita harus hargai sejarah bangsa semua yang di makam kan disini ialah korban tragedi Rawagede dari saat proses penjajahan belum lama setelah merdeka oleh Belanda dan beberapa tahun lalu sudah menyatakan permintaan maaf nya, kepada para ahli waris agar terus menceritakan kepada anak cucu cicit agar mengetahui uyut kakek nya sebagai saksi sejarah rawa gede. 

Sementara itu Sukarman dari yayasan sebagai pengurus Monumen Rawagede mengatakan khalayaknya acara ini diperingati tanggal 9 Desember, karena terjadi pada tanggal 9 Desember 1947 namun pada tahun ini tanggal tersebut pas pada pelaksanaan Pemilihan Bupati maka dimajukan pada saat ini tanggal 1 Desember. belum lama  ada apoy Gitaris Wali datang ada terdapat nenek nya di makamkan di Makam Pahlawan Sampurna raga Monumen Rawagede ini ia sendiri baru menyadari dan atas dasar ini lah apoy sendiri mengaku tersinspirasi membuat lagu Nenekku Pahlawanku. kemudian mengenai bantuannya dari saku pribadi ini dari Plt Bupati Karawang untuk tahap awal mengecat kami ucapkan terimakasih, dan perhatian lain untuk merenovasi tembok pagar dan lainnya kami juga ucapkan terimakasih banyak. atas nama para juru pemelihara (Jupel) juga kami akan sebaik mungkin menjaga memelihara tempat wisata sejarah ini.  

Prosesi diawali Mengheningkan Cipta, Pembacaan Sajak Sukmaku di Rawagede, Pembacaan Sejarah Tragedi Rawagede, sambutan sambutan dan Tabur Bunga. Undangan yang hadir antara lain Lemhanas, jajaran PKH, Perwakilan Veteran, dan dari Ahli Waris Korban Pejuang Tragedi Rawagede yang hadir dan masih panjang umur ada terdapat 3 orang janda serta para anak yatim.

0 komentar:

Posting Komentar