Sabtu, 05 Maret 2016

MUSRENBANG TK KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2016 BERLANGSUNG MERIAH


Musrenbang merupakan arena formal bagi para pemangku kepentingan dalam membahas prioritas kegiatan pembangunan di daerah yang akan menjadi bahan penyusunan APBD. dasar lain adalah Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang SPPN Pasal 1 Ayat (21) menyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Karawang dilaksanakan dengan format Talkshow dengan tema ”Kabupaten Karawang Menyongsong Pembangunan Berskala Nasional Menuju Masyarakat Yang Mandiri, Maju,  Adil dan Makmur” serta pembacaan kesepakatan prioritas program kegiatan Kabupaten Karawang Tahun 2016. Musrenbang tersebut bertempat di aula Husni Hamid Kantor Bupati Karawang. Pada hari Kamis (3/3) dibuka secara langsung oleh Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan Musrembang Kabupaten Karawang ini, yaitu Deputi Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas RI, Bupati Karawang, Ketua DPRD Kabupaten Karawang. acara di bawakan oleh artis kondang Soraya Haque. pada gelaran ini juga akan hadir pula Kepala Bappeda dari Kabupaten Subang dan Bekasi guna menselaraskan atau sinergitas program lintas kota

Pada Kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, Ketua DPRD jajaran Muspida, Kepala Bakorwil II Prov Jabar Ir.Dedi Mulyadi, dari aktivis pendidikan hadir Rektor Unsika Karawang jajaran legislatif juga hadir para wakil Ketua DPRD para ketua Komisi Komisi DPRD Kab Karawang beserta segenap jajaran anggota DPRD Kab Karawang, dari jajaran Pemkab Karawang hadir Sekda Kab Karawang Para Asisten Daerah Staf Ahli Bupati serta para kepala OPD se-Kab Karawang.

Dalam Sambutannya Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana mengatakan selama usai masa jabatan abis pada akhir tahun lalu sebagai Plt Bupati 27 Desember hingga persiapan pelantikan Bupati terpilih 17 Februari sekitar 2 bulan lamanya kami selaku Bupati bersama Wakil Bupati terpilih melakukan koordinasi dengan Kementrian Kementrian yang ada, Kementrian yang memiliki program yang ada kaitannya dengan Pemerintah Kabupaten Karawang di kunjungi langsung dan atas rekomendasi juga dari berbagai pihak. Banyak mimpi dan rencana pembangunan yang akan di terapkan di Kabupaten  Karawang salah satunya dengan adanya banyak Industri jajaran Pemkab Karawang akan mengetuk para pengusaha untuk dapat partisipasi CSR nya sehingga program berjalan tidak hanya mengandalkan APBD. Karena APBD yang ada sudah terdapat floating sesuai bidangnya termasuk seperti penataan taman karena dalam bidang tersebut hanya terbatas APBD tersedianya. pada 5 tahun kedepan juga kami atas nama masyarakat Karawang ingin membuat bangga kepada daerah nya yakni kami akan mengubah Karawang dari setiap penjuru masuknya Karawang dari berbagai kota/Kab tetangga maupun dari Akses tol karena wajah indahnya suatu kota akan terpancar saat pengunjung memasuki perbatasan Kabupaten Karawang, tujuan utama seperti di Interchange Karawang Barat dan Karawang Timur akan di tata, kami akan membuat tim terpadu untuk membahas segala program termasuk program tersebut agar tidak terjadi konflik sosial dikemudian hari. Seperti juga Musrenbang, acara ini merupakan wadah atau ruang untuk membicarakan seluruh kebutuhan masyarakat. Karena Pembangunan sendiri tidak dapat bila hanya dilakukan sendiri butuh juga inputan termasuk dari kepala daerah termasuk kepala Desa yang hadir seluruhnya pada Musrenbang. Floating anggaran seperti perbaikan Infrastruktur agar lebih cepat maka perbaikan atau biaya pemeliharaan tidak pada Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang, namun pada UPTD ditiap Wilayah yang dapat dengan cepat kordinasi dengan Kepala Desa, sehingga seperti jalan bolong dapat dengan cepat diperbaiki.

Lebih lanjut pada moment ini saya memberikan info mengenai program kerja 100 hari pertama dr Cellica Nurrachadiana dan H. Ahmad Zamakhsyari antara lain akan melakukan pencanangan goyang Karawang bersih bersih tujuannya agar seluruh masyarakat Kabupaten Karawang sadar untuk dapat menciptakan kebersihan dilingkungan masing masing, dan secara tidak langsung partisipasi masyarakat akan terus tercipta di berbagai program baik itu Pendidikan Kesehatan Ekonomi Kerakyatan maupun Infrastruktur kemudian program kedua yakni Reformasi Birokrasi seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Karawang akan di perintahkan untuk rubah Mindset nya yakni Birokrat harus dapat melayani Masyarakat dengan cara datang jemput bola tidak hanya Masyarakat yang datang ke kantor.  Karena dari kondisi geografis Karawang sangat luas. Kemudian program lain kami akan terus pantau penyerapan anggaran system yang ada akan diterapkan online. Dengan ada prioritas kerja itu maka program yang ada juga akan berjalan sesuai dengan target. Dan perlu diketahui juga secara seksama bahwa IPM Kabupaten Karawang dengan sistem perhitungan baru yang dilakukan Badan Pusat Statistik Karawang dari 27 Kab/Kota Kabupaten Karawang menempati peringkat 16. Itu semua patut dibanggakan. Bila kembali bicara Program Pemerintah baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi di harap jangan sampai tumpang tindih,seluruh isi yang ada pada Visi Misi Kabupaten Karawang 2016-2021 dominannya sinkron dengan program pusat ataupun Provinsi.

       Terakhir Bupati juga menyampaikan Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat melalui proses yang mengusung semangat Participatory Planning And Budgeting. semangat dari pelaksanaan Musrenbang sejatinya sejalan dengan Demokrasi Deliberatif. secara sederhana, demokrasi Deliberatif ditandai dengan adanya ruang untuk curhat, usul, atau kritik bagi seluruh elemen masyarakat, tanpa pandang bulu, dan pada moment ini juga kepada yang hadir disini ingin mengajak saudara semua, dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, Untuk Memberikan Masukan, Rumusan Dan Solusi Yang Terbaik guna mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan daerah kabupaten karawang ditengah begitu semaraknya gerak pembangunan di Kabupaten Karawang yang saat ini menghadapi program-program prestisius nasional yang akan dilaksanakan di wilayah Karawang, mengajak saudara semua untuk bekerja sekuat tenaga, berlari bersama lebih cepat lagi mulai tahunini 2016, 2017 dan 5 tahun ke depan dengan prinsip Together is Power Don’t Run Alone, karena tantangan ke depan yang kita hadapi semakin berat dan kompleks.

Dalam Laporannya Kepala Bappeda Eka Sanatha menjelaskan Maksud dan Tujuan diselenggarakannya Musrenbang adalah penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Karawang Tahun 2016 yang mencakup prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten/Kota dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi, usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota pada musrenbang RKPD Kabupaten/Kota di Kecamatan dan/atau sebelum Musrenbang RKPD Kabupaten/Kota dilaksanakan, indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah Kabupaten/Kota, prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah dan sinergi dengan RKP dan RKPD provinsi. Secara statistic IPM Kabupaten Karawang bila menggunakan format perhitungan baru oleh BPS, Karawang nilai IPM nya yakni peringkat 16 dari seluruh Kota dan Kab yang ada di Kabupaten Karawang. Seluruh proyek Strategis yang di miliki Pemerintah Pusat seperti Kereta Cepat Jakarta Bandung salah satu Statsiunnya terletak di KM 42 Kecamatan Telukjambe Barat untuk menunjang itu semua nanti akan dibuat Jalan lingkar Luar Karawang pada simpang Disnaker ujung jalan baru di Klari akan dibuat menjadi Perempatan yang tembus ke Perum Bintang Alam sehingga akses ke Statsiun Kereta Cepat lebih mudah diakses.

0 komentar:

Posting Komentar