Kamis, 21 April 2016

Rapat Paripurna DPRD Kab. Karawang Dalam Penetapan Raperda dan Laporan LKPJ Bupati



Sebagaimana kita ketahui, salah satu kewajiban Pemerintah Daerah adalah menyelenggaraan pelayanan publik. Pemerintah Daerah berkewajiban melayani setiap masyarakat untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Sehingga ke depan dengan diberlakukannya Perda tentang penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Karawang dapat membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik.
Sebagai upaya untuk mempertegas hak dan kewajiban setiap masyarakat serta terwujudnya tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik, diperlukan norma hukum yang memberi pengaturan secara jelas, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik serta untuk memberi perlindungan bagi setiap masyarakarat dari penyalahgunaan wewenang di dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Mengingat hal tersebut, DPRD Kab. Karawang menyelenggarakan Rapat Paripurna yang bertempat di Gedung Paripurna DPRD Kab. Karawang pada hari Selasa (19/4). Dalam Rapat Paripurna tersebut hadir Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, ketua DPRD Kab. Karawang, Wakil Ketua Dprd Kab. Karawang, beserta para anggota dewan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah beserta Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Dansubdenpom, Danyon 305 Karawang, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Kepala Desa / Lurah Serta para Tokoh Masyarakat, Pimpinan Parpol dan Pers.
Terdapat beberapa agenda dalam Sidang Paripurna tersebut yaitu agenda penetapan raperda tentang penyelenggaraan pelayanan publik; penetapan raperda tentang penyelenggaraan kepariwisataan; persetujuan LKPJ Bupati Karawang tahun 2015; pembentukan pansus raperda tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan toko modern; pembentukan pansus raperda tentang penyelenggaran pelayanan kesehatan dan pembentukan pansus raperda tentang jalan.
Selanjutnya, terkait dengan halnya raperda penyelenggaraan kepariwisataan, merupakan hal yang sangat penting mengingat potensi yang dimiliki Kabupaten Karawang dalam hal pariwisata sangatlah lengkap mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan wisata religi, sehingga penyelenggaraan kepariwisataan ini sangat penting dan memerlukan regulasi khusus agar wisata-wisata yang ada di kabupaten karawang bisa dioptimalkan sesuai dengan asas-asas kepariwisataan yaitu : asas manfaat, asas kekeluargaan, asas adil dan merata, asas keseimbanngan, asas kemandirian, asas kelestarian, asas partisipatif, asas berkelanjutan, asas demokratis, asas kesetaraan dan asas kesatuan. kepariwisataan itu sendiri mempunyai fungsi untuk memenuhi kebutuhan jasmani, rohani, dan intelektual setiap wisatawan dengan rekreasi dan perjalanan serta meningkatkan pendapatan asli daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. penyelenggaraan kepariwisataan yang dikelola dengan baik sesuai dengan asas dan fungsinya akan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi pemerintah daerah diantaranya :  meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan kebudayaan, mengangkat citra daerah, menghapuskan kemiskinan dan mengatasi pengangguran.
Dalam sambutannya Cellica menyampaikan, “Saya secara pribadi serta atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Karawang menyampaikan ucapan “terima kasih” dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya yang telah dilakukan oleh pansus-pansus DPRD serta tim dari pemerintah daerah, sehingga proses penetapan raperda serta pembentukan pansus-pansus dapat berjalan dengan baik”
Terakhir, dengan penetapan raperda-raperda yakni raperda tentang penyelenggaraan pelayanan publik dan raperda tentang penyelenggaraan kepariwisataan, Cellica  menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran DPRD Kabupaten karawang. tentunya keberadaan raperda tersebut diharapkan dapat semakin mengakselerasi pertumbuhan sumber daya manusia yang handal dan kreatif dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten karawang

0 komentar:

Posting Komentar