Rabu, 04 Mei 2016

Gerakan Satu Juta Buku, Bagi Masyarakat Karawang


Berdasarkan hasil survei UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menunjukkan bahwa minat baca masyarakat yang paling rendah di ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah negara Indonesia (“Minat Baca Masyarakat Indonesia Paling Rendah di ASEAN”, Warta Online, 26 Januari 2011).
Rendahnya minat baca ini dibuktikan dengan indeks membaca masyarakat Indonesia yang baru sekitar 0,001, artinya dari seribu penduduk, hanya ada satu orang yang masih memiliki minat baca tinggi. Angka ini masih sangat jauh dibandingkan dengan angka minat baca di Singapura yang memiliki indeks membaca sampai 0,45 (“Galakkan Baca Buku untuk Kemajuan Bangsa”, Media Indonesia, 17 Mei 2010).
Mengupas penyebab kurangnya minat baca warga Indonesia, banyak faktor yang melandasinya. Namun, yang paling mendasar adalah tidak adanya kebiasaan membaca yang ditanamkan sejak usia dini. Dalam rangka memperingati hari pendidikan indonesia, DPU Al-Ridwan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Karawang menyelenggarakan kegiatan dengan tema  " Gerakan Satu Jam Membaca ; Juta Buku  Untuk Generasi Bangsa dan Deklarasi Gerakan Budaya Pendidikan " yang di adakan di aula kampung budaya pada hari Senin (2/5). pada kesempatan tersebut hadir Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, Kepala Disdikpora Karawang Drs. Dadan Sugardan dan perwakilan dari beberapa mahasiswa yang ada di Karawang.
Dalam sambutan bupati, Cellica menyampaikan tentang apresiasinya terhadap terselenggarakannya kegiatan ini. “Untuk meningkatkan minat baca ini, kendala yang dihadapi di antaranya adalah dukungan fasilitas. untuk itulah, semoga dengan terselenggarakannya kegiatan ini dapat menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat dan saya juga menghimbau kepada dinas terkait untuk mendukung kegiatan ini” ujar cellica.
terakhir dalam sambutannya Cellica menghimbau kepada anggota dinas terkait untuk berpastisipasi dalam penggalangan buku, minimal dari satu orang dapat menyumbang satu buah buku hingga program penggalangan satu juta buku ini dapat terlaksana dengan baik

0 komentar:

Posting Komentar