Jumat, 15 Juli 2016

MENDAMPINGI ARYA JALANI PENGOBATAN DAN PERAWATAN BUPATI KARAWANG BERTOLAK KE RSHS BANDUNG


Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana beserta Kepala Dinas Kesehatan dr.Yuska Yasin mendampingi Pasien anak Arya Permana (10) penderita obesitas asal Pasir Pining Desa Cipurwasari Kecamatan Tegalwaru untuk menjalani pengobatan dan perawatan di RSUP dr.Hasan Sadikin Bandung
Beberapa hari sebelum kedatangan Arya, pihak RSHS telah berkomunikasi dengan keluarga dan intansi terkait berkenaan dengan rencana perawatan Arya. Saat ini RSHS sendiri telah menyiapkan Tim Penanganan Pasien Arya tersebut, Tim diketuai oleh dr.Djulistyo TB.Djais,SpA(K). Tim berjumlah 13 orang yang terdiri dari beberapa divisi diantaranya Gizi anak, Endokrin anak, tumbuh kembang anak, Patologi Klinik, Radiologi, Bedah anak, Ortopedi, Psikiatri anak, Gizi, dan Rehabilitasi Medik.
Pada 2 Juli 2016, pasien Arya berobat jalan ke RSHS dengan keluhan utama berat badan yang terus meningkat. Menurut keterangan keluarga Arya, berat badan arya dirasakan terus meningkat sejak 5 tahun terakhir. Pada saat usia 5 tahun berat badan Arya adalah 90 Kg. Saat ini berat badan Arya mencapai 190 Kg. Keluhan disertai dengan sesak nafas yang dirasakan sejak 1 tahun sebelum masuk rumas Sakit (SMRS). Keluhan sesak nafas dirasakan terutama ketika berjalan. Arya hanya mampu berjalan sejauh 30 Meter dan mengeluh sulit dalam berdiri, berjalan, dan berpakaian sendiri. Arya hanya bisa tidur dengan posisi telungkup, karena keluhannya Arya sempat dibawa ke Puskesmas setempat pada 4 Bulan SMRS dan disarankan untuk diet. Namun karena tidak ada perbaikan kondisi, Arya kemudian dirujuk ke RSHS oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang untuk perawatan lebih lanjut.
Arya pernah berobat ke Poli Gizi RSHS pada 11 Juni 2015 dan 18 Juni 2015, setelah menjalani seluruh pemeriksaan di RSHS, keluarga Arya meminta pulang untuh mengurus BPJS dan baru kembali ke RSHS pada 2 Juli 2016.
Dari wawancara yang dilakukan Tim dokter, rua makan 4-5 kali sehari sebanyak 2 porsi, lauk 1 potong, dan sayur 1 porsi. Makan mie instan setiap hari, sekali makan 2 bungkus. Arya juga gemar mengonsumsi minuman kemasan sebanyak 20 kotak sehari dan hobi mengonsumsi eskrim. Total kalori yang dikonsumsi dalam sehari menurut dietary recall   yang dilakukan tim gizi RSHS mencapai 3000 Kkal. Sejak 4 bulan yang lalu penderita disarankan diet dan berat badan Arya turun 4 Kg setelah menjalani diet.
Sementara itu Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana pada kesempatan yang sama menyampaikan, Pemerintah Daerah akan senantiasa mengawal selama Arya di berada dalam perawatan Tim dokter,  serta akan mempasilitasi apa yang sekiranya diperlukan dalam pengobatan dan perawatan arya selama di RSHS,
Beliau juga berpesan kepada keluarga khususnya orang tua Arya untuk lebih memperhatikan pola makan Arya setelah nanti berhasil dan keluar dari perawatan RSHS, hal tersebut dirasa perlu karna di khawatirkan dapat memicu kembali obesitas pada tubuh Arya. 

0 komentar:

Posting Komentar