Kamis, 09 Februari 2017

PERMUDAH LAYANAN TERA DAN TERA ULANG PINDAH KE KABUPATEN/KOTA


Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana Teken naskah kesepakatan bersama dalam rangka kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang tentang pelayanan Tera, Tera Ulang dan pengawasan Metrologi Legal dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Rabu (08/02), bertempat di Aula Barat Gedung Sate Bandung. Hal serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten purwakarta dan Pemerintah Kabupaten Subang.
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan, “Kedepan pasca penandatanganan serah terima ini,  nanti kewenangan Metrologi Legal (tera, tera ulang, dan pengawasan) berpindah ke kabupaten/ kota. Pelimpahan itu diharapkan tidak menghambat pelayanan tera ulang, karena belum semua kabupaten/ kota sanggup mengadakannya”,ungkapnya.
Aher menambahkan, “Pada prinsipnya perpindahan kewenangan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait standarisasi dan perlindungan terhadap konsumen. Konsekuensinya memang setiap kabupaten/ kota wajib memiliki Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal. Namun karena saat ini di Jawa Barat baru memiliki 5 (lima) enam UPTD, dan Saya mengharapkan agar ada kerja sama antar daerah”, imbuhnya.
Kaitan dengan daerah di sekitarnya (yang tidak memiliki UPTD), Aher mohon agar difasilitasi kerja sama antardaerah di provinsi. Yakni, bagaimana kegiatan kita menjadi legal,  
Aher menekankan perpindahan kewenangan jangan sampai ditunda karena ketidaksiapan. Sebab penundaan berarti pelanggaran terhadap UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.
“Ini pelanggaran undang-undang kalau sampai ditunda. Karena ini perintah undang-undang, tidak boleh dibatalkan oleh menteri atau dirjen. Jadi apapun harus kita jalankan,” tandasnya.

1 komentar:

  1. Bu dokter.... Sy driver online Karawang. Sering bgt nganter org yg sakit ke mandaya, RSUD, Dewi Sri. Jadi gimana Bu klo ga boleh melayani warga Karawang sm supir angkot? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus